RUBRIK | MENJADI GURU YANG BAIK DAN PROFESIONAL.....

Menjadi seorang guru bukanlah perkara yang bisa dianggap terlalu mudah atau terlalu sulit, terlebih dalam interaksinya dengan para siswa ketika di kelas ataupun diluar kelas.

Pada kenyataannya ada guru yang disenangi oleh siswa dan ada juga tidak disenangi bahkan dibenci oleh siswanya. Berikut ini adalah 12 Ciri-ciri guru yang disenangi siswa yang wajib anda ketahui.

1. Guru yang Menguasai Materi Pelajaran. Hal ini sangat penting dalam proses pembelajaran, sehingga jika muncul pertanyaan dari siswa, guru dapat menjawabnya dengan sangat mudah. Jika pun guru belum dapat menjawab pertanyaan siswa, guru model ini dapat memberikan beberapa alternatif sebagai jawaban yang memuaskan atau setidaknya cukup untuk menjawab pertanyaan dari siswanya

2. Guru yang Memahami Metode Pembelajaran. Dengan memahami metode pembelajaran yang digunakannya saat mengajar, guru model ini dapat menyampaikan materi pembelajaran disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai dari tujuan pembelajaran, sehingga siswapun dapat memahami semua yang diajarkan oleh guru tersebut.

3. Guru yang Memahami Gaya belajar Anak. Seperti yang kita tahu bahwa kita mengenal tiga jenis gaya belajar anak, diantaranya yaitu Audio, Visual dan kinestetik. Guru model ini dapat menentukan gaya belajar yang dikuasai oleh siswa tertentu, sehingga setiap siswa dapat memahami setiap yang diajarkan oleh guru berdasarkan gaya belajar anak tersebut.

4. Guru Memahami psikologi perkembangan anak. Guru model ini dapat mengetahui sebab mengapa seorang siswa berbuat sesuatu, sehingga jikapun siswa melakukan suatu kesalahan maka guru tersebut dengan cepat dan tanggap dapat mengubah siswa tersebut supaya beralih kepada perbuatan yang baik yang hendak dicapai dari tujuan pendidikan.

4. Menjawab seluruh pertanyaan peserta didik
Rupanya ada guru yg tak sanggup menjawab seluruhnya pertanyaan peserta didik? Ada ! Dirinya sanggup menjawab tetapi jawaban yg diberikan tak meyakinkan peserta didik malah membuatnya bingung. jangan mahkluk yg menciptakan peserta didik kita tidak nyaman (bingung) menciptakan kita tak disukainya. Lantas dengan cara apa trick biar seluruhnya pertanyaan peserta didik bakal kita jawab? Apabila kamu tidak bisa menjawab lemparkan pertanyaan tadi pada seluruhnya peserta didik yg ada di kelas kamu. Bila tidak terjawab serta, jadikan PR, sementara itu kamu boleh mencari jawabannya melalui kawan atau melanjutkan pertanyaan ke saudara kita, wak Google!

5. Guru yang Berpenampilan Menarik. Guru model ini tidak berarti harus selalu ganteng atau cantik, tetapi guru yang mampu menarik perhatian siswa kepada dirinya sehingga akan lebih mudah mengantarkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang diajarkannya.

6. Guru yang Humoris. Guru model ini dapat mencairkan suasana belajar yang serius menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Guru yang humoris dapat merebut hati sang anak, sehingga pada akhirnya juga dapat merebut perhatian anak untuk belajar dengan sebaik-baiknya.

7. Guru yang Menjadi contoh atau teladan. Guru model ini lebih suka mengajak dari pada menyuruh.

8. Guru yang Adil dan Penyabar. Guru model ini sangat memahami bahwa kenakalan anak sesungguhnya merupakan bagian dari sistem pembelajaran. Yang biasa diterapkan oleh guru ini adalah punishment and reward, atau memberikan hukuman yang wajar kepada siswa yang bersalah, dan memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi.

9. Guru yang Up To date. Guru model ini dapat berkembang lebih cepat dari dari pada perkembangan zamannya, sehingga dapat cepat menanggapi setiap permasalahan yang timbul dari para siswa.

10. Guru yang Tidak Gaptek alias gagap teknologi. Guru model ini sudah pasti akan sangat disenangi siswa, karena dapat menangkap dan memantau setiap perkembangan yang terjadi pada diri siswa melalui berbagai perangkat yang juga digunakan oleh para siswa tersebut.

11. . Mengecek tiap-tiap pekerjaan yg sudah diberikan
Periksalah tiap-tiap pekerjaan yg kamu memberi terhadap peserta didik, jangan sampai menunda, meski kerja tersebut terasa memuakkan. Hargai jerih payah mereka. Memberi pujian & penghargaan yg wajar terhadap peserta didik kamu yg sukses menyelesaikan tugasnya bersama baik. Jangan Sampai sekali-kali membunuhnya bersama menyampaikan serentak kepadanya bahwa dirinya ‘bodoh’ disaat hasil kerjanya jeblok, bisa jadi kiat kamu mengatakan materi belum serasi untuknya. Anggap saja beliau sedang lamloud (lambat louding).

12. Bertanggung jawab (berwibawa)
Sektor yg terakhir ini gampang-gampang sulit dikarenakan tanggung jawab yg telah kental umumnya agak susah dipertahankan & enteng mengendor. Ada guru yg tak bertanggung jawab? Tak! Seluruh guru bertanggung jawab. Tetapi akbar kecilnya tanggung jawab, itulah yg jadi persoalan. Bertanggung jawablah kamu terhadap hal-hal mungil & agung yg kamu jalankan. Mintalah maaf terhadap peserta didik kamu seandainya kamu merasa lakukan kesalahan. Meminta maaf tak menurunkan martabat kamu sbg guru. Beritahukan argumen kamu bersama rasa kesal & jujur waktu kamu tak mampu isikan kelas atas dikarenakan tertentu. Jadilah guru yg dirindukan peserta didik kamu, dihormati peserta didik kamu, bukannya ‘ditakuti’ mereka.